Akuntan Berpraktik dan Kantor Jasa Akuntan

Akuntan Beregister Negara

Pada artikel sebelumnya sudah disebutkan bahwa Akuntan beregister negara adalah seseorang yang telah diakui oleh Menteri. Untuk dapat menjalankan sebuah Kantor Jasa Akuntan, diperlukan izin praktik seperti halnya dokter. Akuntan yang telah mendapatkan izin praktik disebut adalah Akuntan Berpraktik. Untuk menjadi Akuntan Berpraktik, seorang Akuntan Beregister Negara mengajukan permohonan terlebih dahulu kepada PPPK. Setelah disetujui, Akuntan Beregister Negara akan mendapatkan surat keputusan dari Menteri. Surat keputusan ini berlaku 6 (enam) bulan, sehingga dalam waktu tersebut, Akuntan Berpraktik harus memiliki tempat praktek yaitu Kantor Jasa Akuntan.

Bagi yang memiliki impian menjadi Akuntan yang dapat melayani publik, membutuhkan kesabaran dalam menjalani proses administrasi ini yaa…

Kantor Jasa Akuntan (KJA) adalah sebutan untuk tempat prakteknya seorang Akuntan. KJA ini baru lahir pada tahun 2014 sehingga masih membutuhkan proses panjang untuk menuju kedewasaan. Teman-teman para lulusan Akuntansi masih punya banyak kesempatan untuk menjadi Akuntan Berpraktik ini.

Kantor Jasa Akuntan boleh berbentuk perseorangan, persekutuan perdata, firma, perseroan terbatas. Perbedaan dari badan hukum pada umumnya adalah badan hukum KJA harus memiliki satu atau lebih Akuntan Berpraktik. Bahkan pada perseroan terbatas, perlu memiliki lebih dari satu Akuntan Berpraktik.

Pengawas KJA adalah PPPK, sama dengan profesi keuangan lainnya. KJA juga memiliki standar kode etik dan pengendalian mutu yang harus ditaati.

Demikian informasinya mengenai Kantor Jasa Akuntan dan Akuntan Berpraktik. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Peraturan Menteri Keuangan RI No. 216/PMK.01/2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.