Laporan Keuangan Keluarga – Seberapa Pentingkah dan Manfaatnya?

Sama seperti laporan keuangan perusahan yang di buat untuk mempertanggungjawabkan kegiatan suatu perusahaan terhadap pengusaha sekaligus memberi informasi mengenai posisi keuangan yang telah dicapai suatu perusahaan. Laporan Keuangan Keluarga juga di buat untuk mempertanggungjawabkan uang masuk(pendapatan) dan uang keluar (kebutuhan) dalam sebuah keluarga terhadap anggota keluarga.

kantor jasa akuntan, laporan keuangan keluarga

Kecenderungan normatif untuk melampirkan prioritas pada barang-barang belanja rumah tangga kolektif terdeteksi, bersama dengan pembagian kerja yang membuat sebagian besar wanita bertanggung jawab atas urusan domestik (Morris, 1984). Dari pernyataan tersebut memungkinkan bahwa Istri akan melakukan kontrol lebih besar pada keuangan keluarga dan jika di lihat dari keadaan ini, semakin rendah pendapatan rumah tangga, semakin besar kebutuhan untuk kontrol kesatuan.

Jika ada pertanyaan seberapa penting Laporan Keuangan Keluarga? Penting sekali, mengapa? Berikut adalah alasan pentingnya Laporan Keuangan Keluarga.

  • Mengetahui Besarnya Pemasukan dan Pengeluaran

Anda bisa melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya secara rinci dengan pembukuan sederhana. Jangan mengabaikan pemasukan atau pengeluaran sekecil apa pun yang dilakukan termasuk hutang bila ada. Dengan demikian, Anda akan mengetahui nilai riil harta yang dimiliki. Hal ini juga akan membuat Anda lebih tenang seperti tidak lagi mengira-ngira ke mana sejumlah uang yang baru kemarin didapatkan. (Indonesia, 2017)

  • Mengukur Kemampuan Finansial Keluarga

Dengan membuat Laporan Keuangan Keluarga yang memuat rincian transaksi, Anda akan lebih mudah menemukan mana pemasukan dan pengeluaran yang bersifat rutin dan tidak. Dan dapat melihat pemasukan dan pengeluaran apa yang paling besar, jika ingin menabung lebih untuk keperluan mendesak. (Indonesia, 2017)

  • Menganalisis Alokasi Pengeluaran

Menganalisis pengeluaran sangat diperlukan agar jumlah keperluan sesuai dengan pendapatan. Sebesar apapun penghasilan seseorang, apabila ia tidak mengontrol jumlah pengeluarannya, maka akan mengakibatkan beberapa kebutuhan yang seharusnya dapat terpenuhi jadi tidak bisa terpenuhi. Terutama bagi keluarga baru, yang masih dalam proses menabung untuk memiliki rumah. Mereka akan sangat membutuhkan pengalokasian pengeluaran. (Nofalia, 2018)

  • Memperkecil Anggaran Utang

Keuangan yang terencana akan membuat seseorang bisa menyiapkan anggaran untuk masa sekarang dan yang akan datang. Dan saat ada kebutuhan mendesak anda sudah punya tabungan yang siap di pakai sehingga mengurangi risiko panik hingga utang. Tentunya dengan tidak memiliki utang akan menjadikan keuangan semakin tertata dengan baik dan pikiran menjadi tenang. (Nofalia, 2018)

Kebanyakan keluarga di Indonesia atau mungkin di Dunia yang mengatur keuangannya adalah seorang Istri oleh karena itu mari bagi Wanita dan para Ibu-Ibu Karir maupun Ibu-Ibu Rumah Tangga untuk mempersiapkan pembukuan/catatan pendapatan dan pengerluaran keluarganya. Tetapi bukan berarti para Suami tidak mencatat pengeluarannya, dan jangan mengandalkan pasangannya untuk mencatat kebutuhan anda sendiri. Jangan sampai terjadi, pendapatan yang anda terima setiap bulan dari hasil kerja keras anda, tetapi anda tidak mengetahui dan hanya mengira-ngira pengeluaran apa saja yang anda keluarkan, sehingga anda tidak punya aset/harta, investasi atau mungkin tabungan.

Lalu apa yang harus di lakukan setelah mencatat??

Saya kan tidak mengerti cara membuat laporan keuangan.

Kami adalah solusinya, jika anda punya kendala untuk menyusun laporan keuangan, atau ingin konsultasi untuk merencanakan keuangan anda, atau mungkin juga anda membutuhkan saran kami jika anda ingin berinvestasi jangka panjang dengan penghasilan anda saat ini. Kami dapat membantu anda secara professional, dan rahasia keuangan anda kami jamin.

Jadi tunggu apa lagi ?? Untuk masa depan keuangan anda dan keluarga No Excuse

Segera Hubungi Kami Di 081283000865 Atau 021-22127667

References

Indonesia, A. W. (2017, Oktober 16). Seberapa Penting Kehadiran Akuntansi dalam Rumah Tangga? p. 01.

Morris, L. D. (1984). Redundancy and patterns of household finance. Social Science Research Council. Grant No. GOO/230023/I., 01.

Nofalia, I. (2018, Maret 30). 6 Manfaat Perencanaan Keuangan Untuk Keluarga Anda. p. 01.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.