Menyusun Laporan Keuangan Keluarga

Untuk dapat menyusun laporan keuangan keluarga yang baik, yang harus anda ketahui adalah apa saja isi dari Laporan Keuangan. Apakah fungsi dari masing-masing laporan, dan bagaimana hasil dari laporan bulanan anda. Sebenarnya Laporan Keuangan Keluarga hampir sama seperti Laporan Keuangan Perusahaan Jasa, yaitu berisi :

  1. Neraca

Menurut PP no. 71 tahun 2010 neraca adalah salah satu komponen laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan suatu entitas pelaporan pada tanggal tertentu. Yang dimaksud dengan posisi keuangan adalah posisi aset, kewajiban, dan ekuitas dana. (Aliyah, 2012)

Fungsi Neraca dalam Laporan Keuangan adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai alat untuk menganalisa fleksibilitas keuangan, maksudnya adalah laporan neraca keuangan dapat digunakan kepala keluarga untuk pengambilan sebuah keputusan keuangan.
  2. Digunakan untuk menganalisa likuiditas, akan menunjukkan kemampuan yang dimiliki keluarga dalam melunasi segala kewajiban (utang) jangka pendek dengan kondisi harta likuid yang dimilikinya. (Shabrina, 2018)
laporan keuangan keluarga - neraca
  • Laporan Laba Rugi

Menurut Munawir (2010:26), laporan laba-rugi merupakan suatu laporan yang sistematis tentang penghasilan, beban, laba-rugi yang diperoleh oleh suatu perusahaan selama periode tertentu. (Kesuma, 2014).

Fungsi Laporan Laba Rugi adalah agar dapat digunakan untuk membantu pemakai laporan keuangan memprediksi keuangan masa depan, mengevaluasi pendapatan dan kebutuhan di masa lampau dengan masa sekarang, Komponen-komponen dalam informasi laba, seperti pendapatan, biaya, laba, dan rugi menggambarkan hubungan diantara komponen tersebut dan dapat digunakan untuk menilai risiko pada tingkat tertentu suatu arus kas di masa mendatang. (Setiawan, 2012)

laba rugi pada laporan keuangan keluarga
  • Laporan Arus Kas

Dalam menyusun laporan keuangan keluarga, Laporan Arus Kas menyajikan informasi mengenai sumber, penggunaaan, perubahan kas dan setara kas selama satu periode akuntansi, dan saldo kas dan setara kas pada tanggal pelaporan. Arus masuk dan keluar kas diklasifikasikan berdasarkan aktivitas operasi, investasi aset nonkeuangan, pembiayaan, dan nonanggaran. (Aliyah, 2012).

Fungsi dari Laporan Arus Kas adalah untuk membantu menilai risiko atau ketidakpastian dari arus kas masa mendatang. (Setiawan, 2012)

laporan keuangan keluarga - arus kas
  • Laporan Perubahan Modal

Laporan Perubahan Modal diperlukan untuk mengetahui maju mundurnya keadaan suatu perusahaan. Jika modal perusahaan bertambah berarti terdapat kemajuan, begitu juga sebaliknya. Jika modal awal lebih besar daripada modal akhir maka hal ini menunjukkan perusahaan mengalami kemunduran. Jadi, laporan perubahan modal ini menceritakan perubahan yang terjadi pada modal (ekuitas) pemilik perusahaan. (Kartansa, 2015).

Fungsi Laporan Perubahan Modal ketika menyusun laporan keuangan keluarga adalah untuk mengetahui berapa modal awal (sisa gaji) yang di dapatkan dibulan sebelumnya, dan melihat modal akhir setelah di tambahkan modal lainnya.

laporan keuangan keluarga - perubahan modal
  • Catatan atas Laporan Keuangan

Catatan atas Laporan Keuangan menyajikan informasi tentang pendekatan penyusunan laporan keuangan, penjelasan atau daftar terinci atau analisis atas nilai suatu pos yang disajikan dalam Laporan Realisasi Anggaran dan Neraca dalam rangka pengungkapan yang memadai. (BPK, 2008).

Fungsi Catatan atas Laporan Keuangan adalah memberikan penjelasan atau daftar rinci atau analisis atas nilai suatu pos yang disajikan dalam Laporan Laba Rugi , Neraca, dan Laporan Arus Kas.

laporan keuangan keluarga - Catatan Atas Laporan keuangan - 1
laporan keuangan keluarga - Catatan Atas Laporan keuangan - 2
  • Jurnal Umum

Jurnal Umum adalah jurnal yang di buat untuk melakukan pencatatan berdasarkan bukti transaksi keuangan yang muncul akibat terjadinya transaksi keuangan pada sebuah keluarga dalam periode tertentu.

Fungsi Jurnal Umum adalah sebagai berikut :

  1. Mencatat semua transaksi yang telah di lakukan berdasarkan tanggal terjadinya transaksi,
  2. Jurnal umum memperlihatkan aktivitas masuk dan keluarnya uang secara terus menerus,
  3. Sebagai informasi dan memberikan petunjuk atau pedoman untuk memasukan data ke dalam buku besar. (Amalia, 2017).

Contoh Jurnal Umum dalam Laporan Keuangan Keluarga

laporan keuangan keluarga - jurnal umum
  •  General Ledger atau Buku Besar

Buku besar umum adalah pengelompokan semua perkiraan nomor dan akun jurnal yang ada dalam suatu periode tertentu seperti kas, piutang, persediaan utang dan modal. Perkiraan ini mengikhtisarkan pengaruh transaksi terhadap perubahan aktiva, kewajiban dan modal pada sebuah keluarga.

Fungsi General Ledger yaitu untuk memberikan informasi dengan ringkas dari jurnal umum yang sebelumnya telah di buat berdasarkan pengelompokan akunnya, buku besar juga menjadi informasi saat akan membuat laporan keuangan

laporan keuangan keluarga - general ledger kas suami
laporan keuangan keluarga - general ledger pendapatan tunai
  • Trial Balance atau Neraca Saldo

Trial balance adalah laporan yang disusun untuk menunjukan posisi keuangan yang berisi saldo-saldo sementara dari setiap akun buku besar pada priode tertentu.

Fungsi Trial Balance adalah sebagai alat untuk mengambil keputusan, dan untuk memeriksa jumlah saldo pada kolom debit dan kredit sama.

laporan keuangan keluarga - trial balance

Setelah mengenal bagaimana cara menyusun Laporan Keuangan Keluarga, anda dapat menganalisis dari hasil laporan tersebut.

laporan keuangan keluarga - hasil analisis

Jika anda menghadapi kendala atau kesulitan dalam menyusun Laporan Keuangan Keluarga, Kami dapat membantu anda untuk menyusunnya dan tentu saja kami berikan analisisdan kesimpulan secara profesioanal yang terjadi pada keuangan rumah anda.

Anda dapat Hubungi Kami di 081283000865 Atau 021-22127667

References

Aliyah, S. (2012). Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Daerah Dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Daerah Terhadap Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Jepara. 23-30.

Amalia, D. (2017, September 20). Pengertian dan Fungsi Jurnal Umum dalam Akuntansi. p. 01.

BPK. (2008). Catatan Atas Laporan Keuangan. Laporan Keuangan BPK RI , 08.

Kartansa, A. (2015, Agustus 13). Laporan Keuangan (Laba/Rugi, Perubahan Modal, Neraca). p. 01.

Kesuma, R. d. (2014). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR DALAM PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PT. BUDI SATRIA WAHANA MOTOR. Akuntansi & Keuangan, 97-98.

Setiawan, M. (2012, Juli 02). Pengertian Laporan Laba Rugi dan Kegunaannya. p. 01.

Shabrina, R. (2018). Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuat Neraca Keuangan Sederhana. p. 01.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.